11 Text Editor Yang Wajib Dicoba Agar Kamu Makin Jago Ngoding

0
466

Menjadi Seorang programmer atau sedang mempelajari bidang pemrograman, tentunya sangat membutuhkan sebuah senjata utama. Semua programmer tidak lepas dengan senjata yang satu ini. Apa itu? Dia Adalah “Text Editor

Text editor merupakan sebuah software yang umumnya digunakan oleh seorang programmer dalam menulis sebuah source code atau kode program. Text editor juga sering digunakan oleh seorang web designer untuk menciptakan halaman web yang didesain olehnya. Tanpa senjata ini, seorang programmer tidak dapat membuat sebuah program.

ada banyak sekali text editor yang diluar sana yang dapat digunakan, mulai dari yang gratis sampai yang berbayar. Berikut daftarnya.

1. Notepad ++

Text editor yang satu ini adalah Text Editor yang berjalan pada sistem operasi Windows yang didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas. Walaupun penamaan nya hampir sama dengan Notepad++.Namun, fitur yang ditawarkan oleh notepad++ jauh lebih banyak dan lebih lengkap. Notepad++ sangat support untuk banyak bahasa pemrograman, di antaranya Assembly, C, C++, C#, CSS, HTML, Java, Javascript, Pascal, Perl, PHP, Python, Ruby, Shell, SQL, VB, XML, dan lainnya. selain hal diatas, Notepad ++ juga sangat mudah digunakan dan sangat ringan, Hal inilah yang menjadi faktor mengapa notepad++ populer di kalangan para programmer. dan yang paling penting adalah gratis. Kita bebas mendownloadnya tanpa perlu membayar.

2. Sublime Text

Sublime Text merupakan salah satu teks editor terbaik bagi programmer khususnya Web Developer.Sublime Text bisa disebut sebagai senjata wajib bagi web developer. Hal ini dikarenakan Sublime Text memiliki banyak fitur, di antaranya fitur goto anything, command pallete, multiple selections, distraction free mode, split editing, instant project switch, customize anything, dan plugin API. Sublime Text memiliki banyak plugins, yang bisa didownload di Internet dan menginstalnya. Antar muka yang bagus dan warna warni akan memanjakan anda dan tentunya tidak membuat anda bosan. Selain itu juga sublime text dapat berjalan di berbagai platform berbeda . text  editor ini pun dapat digunakan secara gratis. Namun jika anda ingin mengakses full fitur yang ada , anda  perlu membeli lisensinya.

3. Atom

Atom adalah salah satu text editor terkenal dikalangan para programmer. Text editor ini dapat digunakan di berbagai platform berbeda seperti platform OS X, Linux, dan Windows. Atom dibuat oleh GitHub dan diklaim sebagai text editor yang bisa di-custom dengan mengubah file konfigurasinya. Sekilas Atom ini mirip dengan Sublime Text, karena memang dibuat dengan menggunakan Sublime Text sebagai referensinya. Banyak fitur yang bisa diandalkan dari Atom ini dan menjadikannya sebagai Aplikasi Text Editor yang sering di gunakan para developer, seperti web based technology desktop text editor, file system browser, fuzzy finder for quickly opening files, fast project-wide search dan replace, multiple cursors and selections, multiple panes, snippets, code folding, a clean preferences UI, TextMate grammars importing, modular design, nodejs integration, dan masih banyak keunggulan dari Atom Text Editor yang lainnya

4. Light Tabel

Text Editor yang satu ini merupakan “the next generation code editor”. Light Table dianggap sebagai editor teks yang sangat modern dan inovatif.Text Editor ini dapat dengan mudah disesuaikan, bahkan kamu bisa menyematkan grafis dan melihat secara real time hasil kode tertentu. Seperti text editor pada umumnya, Light Table mendukung banyak bahasa pemrograman. Namun, memiliki integrasi khusus untuk beberapa bahasa pemrograman, yakni Clojure, JavaScript, HTML, dan CSS.

5.Komodo Edit

Komodo Edit adalah Teks editor gratis untuk mendukung banyak bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti bahasa pemrograman python, perl, ruby, tcl, sql, html, sql, css, smarty, xhtml, php dan masih banyak bahasa pemrograman lainnya.Text editor yang satu ini dapat dijadikan alternatif pengganti sublime text. Komodo Edit juga memiliki banyak fitur dan juga cukup ringan digunakan. Anda juga dapat memilih tema untuk tampilan editor ini.

6. Bluefish

Text editor selanjutnya adalah Bluefish. Bluefish memiliki beberapa keunggulan, seperti memiliki fitur pencarian yang canggih, fungsi undo/redo yang tidak terbatas, dapat membuka ribuan file sekaligus, dan masih banyak fitur lainnya. Bluefish bisa dijadikan salah satu pilihan untuk pengguna yang fokus dalam bidang pemrograman web. Fitur untuk HTML5 hingga CSS telah tersemat dengan baik dan pastinya support ke semua platform (Windows, Linux, dan Mac OS).

7. Brackets

Brackets adalah text editor yang secara khusus dikembangkan untuk tujuan web design dan front-end developmentProject Brackets ini diusung oleh Adobe secara open source dan dikembangkan secara aktif oleh komunitas web developer.

8. Emacs

Emacs adalah teks editor yang Versi aslinya ditulis oleh Richard Stallman pada tahun 1975 yang pada awalnya bersama Guy L. Steele, Jr. Namanya diambil dari singkatan Editor MACroS. Sejak itu banyak versi Emacs yang telah muncul, namun saat ini yang paling banyak dipakai adalah GNU Emacs (juga ditulis oleh Stallman) dan XEmacs.

GNU Emacs ini memiliki slogan “editor dengan tampilan real-time yang mudah dikembangkan (extensible), disesuaikan (customizable), dan mendokumentasikan sendiri (self-documenting)“. Lebih lanjut, GNU Emacs ditulis dalam C dan menyajikan Emacs Lisp sebagai extension language. Emacs memiliki sebuah fitur bantuan yang menampilkan dokumentasi menyeluruh dari perintah, variabel, dan fungsi yang ada di dalamnya. Selain itu, ia juga memiliki tutorial built-in yang akan muncul secara otomatis apabila pengguna mengetikkan perintah-perintah editing tanpa membuka file apa pun.

9.VIM

Vim atau Vi Improved merupakan teks editor yang sangat powerful. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan segala sesuatu hanya menggunakan keyboard dan berbekal shortcut. Dengan Vim pengguna dapat mengubah teks yang ada di dalam dokumen, memindahkan, menghapus baris, mengubah secara otomatis, dan masih banyak lagi tanpa harus menggunakan mouse.

Vim merupakan source code editor favoritnya para programmer dalam membuat program. Kebanyakan dari mereka yang suka menggunakan Linux biasanya akan menyukai Vim. Namun, kamu pun bisa menyukai editor ini karena Vim bisa digunakan untuk tugas-tugas editing yang umum, misalnya sebagai tempat menulis artikel yang cukup panjang.

10.Ultra Edit

UltraEdit adalah teks editor yang sangat powerful dan sangat populer. Keunggulan dari UltraEdit yakni mampu berjalan  hampir semua sistem operasi seperti Linux, Max Os, dan Windows. Seperti text editor lainnya, fitur-fitur UltraEdit sangat lengkap. Beberapa keunggulan UltraEdit, di antaranya 64 bit file handlingunicode supportdisk based text editinglarge file handlingmultiline find dan replacespell checker, dan lainnya. Namun, teks ediotr ini berbayar jika kamu ingin menggunakan seluruh fitur-fitur andal dari UltraEdit.

11.ICE Coder

ICEcoder merupakan salah satu text editor yang banyak digunakan oleh programmer. Text Editor ini berbasis browser yang memungkinkan pengguna untuk melakukan aktivitas coding langsung di browser baik online atau offline. Itu berarti semua yang kamu butuhkan untuk programming ada pada browser. ICEcoder mendukung berbagai bahasa pemrograman termasuk HTML, CSS, Javascript, PHP, Ruby, dan banyak masih banyak lagi.

Itu tadi merupakan 11 Teks Editor yang wajib kamu coba agar kamu makin jago dalam ngoding. Sebenarnya masih banyak lagi teks editor diluar sana yang dapat di gunakan. Terima kasih telah membaca artikel diatas. semoga bermanfaat. (Artikel ini diambil dari beberapa sumber).

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here