Administrasi Jaringan Komputer & Tugas Administrator Jaringan

0
684
Tugas Administrator jaringan komputer

Administrasi Jaringan Komputer – Komputer adalah suatu perangkat yang sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Sebuah komputer dapat menyebarkan data dan informasi dari satu komputer satu menuju ke komputer lain nya di sebabkan adanya sebuah jaringan komputer. Untuk mengatur sebuah jaringan komputer agar bisa saling terhubung, tentunya diperlukan yang namanya “Administrasi Jaringan Komputer”.

Apa Itu “Administrasi Jaringan Komputer” ?

Administrasi Jaringan Komputer adalah sebuah pekerjaan dari para administrator jaringan yang bertugas untuk mengatur/mengelola sebuah jaringan komputer baik dalam skala kecil maupun skala besar. Dalam perusahaan besar biasanya administrasi jaringan sangatlah dibutuhkan. Hal ini terjadi karena dalam perusahaan besar terdapat data-data perusahaan yang sangat penting, oleh karena itu diperlukannya administrasi jaringan untuk mengamankan data-data tersebut.

Adapun Tugas dan tanggung jawab yang diemban oleh para administrator antara lain adalah:

1. Menginstall dan Mengkonfigurasi Server

Tugas utama dari administrator jaringan adalah menginstall server atau komputer server beserta konfigurasinya. Untuk server jaringan biasanya dalam perusahaan atau lembaga menggunakan sistem operasi linux. Kemudian untuk konfigurasinya biasanya adalah konfigurasi alamat IP beserta koneksi jaringan.
2. Menginstall dan Mengkonfigurasi Aplication Software
Kemudian setelah melakukan installasi dan konfigurasi server maka tugas kedua administrator jaringan adalah menentukan aplikasi dan software apa saja yang ingin digunakan dalam jaringan tersebut. 
3. Membuat dan Mengelolah User
Untuk tugas lainya dari administrator jaringan adalah membuat dan mengelolah user, dimana user disini sangatlah dibutuhkan agar tidak sembarangan orang yang memasuki jaringan. Oleh karena itu dibuatlah user untuk lebih mengamankan jaringan.
4. MemBack Up dan Restore File
Back Up dan Restore file sangatlah dibutuhkan dalam administrasi jaringan. Hal ini dilakukan karena jika terjadi masalah dalam server atau jaringan maka data yang hilang masih tetap tersimpan dan aman.
5.Mengkonfigurasi Keamanan Sistem
Keamanan sistem sangatlah dibutuhkan untuk melindungi jaringan dan data-data dalam jaringan. Oleh karena itu server atau sistem jaringan harus dikonfigurasi.
6. Menggunakan Tool untuk Memonitor Keamanan Jaringan
Untuk memonitor atau mengontrol jaringan, administrator diharapkan menggunakan tool dan tidak diharuskan  untuk langsung mengontrol melalui server karena hal tersebut sangat beresiko terhadap keamanan.

Inti dari tugas para administrator jaringan adalah bertanggung jawab atas kondisi dan kelancaran kinerja suatu jaringan komputer. Maka dari itu seorang admin harus memiliki keahlian khusus dalam penguasaan konsep dan implementasi jaringan. pengetahuan mengenai perangkat keras dan teknik pengkabelan. Dengan demikian sumber daya dan juga keamanan dalam jaringan komputer tetap terjaga dengan baik dan aman.

Terima kasih telah membaca. Semoga Bermanfaat 🙂

 

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here