Google Resmi Mengumumkan Sebutan Untuk Sistem Operasi Android 8.0

0
259

Google baru saja meresmikan Android 8.0 dengan nama Android Oreo. Ini merupakan kedua kalinya Google menggunakan nama yang diambil dari sebuah produk. Sebelumnya, Google pernah melakukannya di Android 4.4 KitKat. Nama “Oreo” sendiri sudah terendus sejak Android O pertama kali diperkenalkan di ajang Google I/O 2017 pada Mei 2017 lalu.

Dalam acara peluncuran, Director Product Management Android Sagar Kamdar sempat mengungkap alasan kenapa akhirnya nama Oreo yang dipilih untuk Android 8.0. Dia mengatakan keputusan tersebut diambil setelah Google melihat banyak engineernya yang lembur kerap ngemil Oreo.

“Di microkitchens Google, kami punya Oreo di manapun. Teknisi kami terus mengonsumsi Oreo dengan susu mereka,” kata Kamdar seperti dikutip dari CNet, Selasa (22/8/2017).

Android Oreo (8.0) akan menjadi penerus OS sebelumnya, Android Nougat. Raksasa mesin pencari sesumbar bahwa Android Oreo telah memasuki tahap carrier testing di beberapa ponsel buatan Google, seperti Nexus 5P, Nexus 6P, Pixel, dan Pixel XL, sebagaimana dilaporkan VentureBeat.

Sementara itu, untuk perangkat-perangat dari vendor pihak ketiga seperti Essential, General Mobile, HMD Global Home untuk Nokia Phones, Huawei, HTC, Kyocera, LG, Motorola, Samsung, Sharp, dan Sony, Google menjanjikan Android Oreo tersedia pada akhir 2017 ini.

Android Oreo membawa beberapa fitur baru seperti background limit untuk menghemat baterai dan data, notification channel dan dots untuk mempermudah akses ke hal-hal penting, picture in picture untuk menunjang produktivitas dengan dua aplikasi pada satu waktu, serta keamanan yang diklaim lebih mumpuni.

Optimisasi sistem operasi pada Android Oreo digadang-gadang bisa menghasilkan performa dua kali lebih cepat dari versi sebelumnya. Bagi pecinta emoji, ada lebih dari 60 emoji baru yang tersedia.

(Dikutip dari berbagai sumber)

 

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here