Pengertian, Sejarah, dan Perkembangan Jaringan Komputer

0
532
forandaa

Mungkin istilah “jaringan komputer” sudah tidak asing lagi ditelinga kita, karena hampir setiap hari kita melibatkan jaringan komputer dalam pekerjaan kita. Jaringan komputer menjadi salah satu bidang yang mendukung perkembangan teknologi. Peran serta jaringan komputer dalam perkembangan teknologi di dunia sangatlah berdampak besar. Tanpa adanya jaringan komputer, mungkin dunia akan kesulitan dalam mengakses informasi, data, bahkan untuk berkomunikasi.

Nah, Jadi “apa sih yang dimaksud dengan jaringan komputer itu?”

“Bagaimana sih awal mula terbentuknya jaringan komputer dan Bagaimana sih perkembangannya?”

Mungkin beberapa pertanyaan diatas dapat anda temukan pada penjelasan dibawah ini . Baiklah tanpa basa-basi. Simak penjelasan berikut.

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang menghubungkan dua atau lebih komputer serta perangkat – perangkat lain sebagai pendukung terhubungnya antara komputer satu dengan komputer yang lain dalam satu kesatuan. Tujuannya adalah untuk saling bertukar data (Sharing) berbagi resource yang dimiliki seperti file, printer, atau media penyimpanan menggunakan media komunikasi berupa kabel (wire) atau tanpa kabel (wireless) sebagai perantara agar

Jaringan komputer memungkinkan penggunanya melakukan komunikasi satu sama lain dengan mudah, bekerja bersama-sama untuk meningkatkan penggunaan sumber daya yang ada dalam sebuah perusahaan / organisasi, komunikasi dan arus informasi semakin cepat serta melindungi aset-aset penting perusahaan /organisasi yang semestinya diakses oleh pihak yang berwenang di dalamnya.

Sejarah dan Perkembangan Jaringan Komputer

Konsep jaringan komputer lahir pada tahun 1940-an di Amerika dari sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Harvard University yang dipimpin profesor H. Aiken.Pada mulanya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama. Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong dibuatlah (Batch Processing)  atau yang dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah proses beruntun, sehingga beberapa komputer bisa mengerjakan banyak program dan pekerjaan dalam sekali waktu.

Sekitar 10 tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1950-an, penggunaan dan juga pengembangan dari sebuah sistem komputer menjadi semakin berkembang dan membesar. Pada era ini ditandai dengan berkembangnya apa yang kita sebut sebagai super komputer. Dengan adanya penciptaan dan pengembangan dari super komputer ini, maka hal ini mempengaruhi tuntutan dari perusahaan, dimana sebuah komputer harus bisa melayani dan juga menjalankan program di beberapa terminal. Karena adanya tuntutan inilah, maka diciptakan sebuah sistem yang dikenal dengan nama TSS atau Time Sharing System. Sistem ini merupakan sistem pertama yang benar – benar mengimplementasikan dan juga menjadi cikal bakal network atau jaringan yang kita kenal hingga saat ini.

forandaa

TSS ini merupakan suatu sistem dimana sebuah komputer dapat melayani beberapa terminal yang dikenal juga dengan istilah distribusi berdasarkan waktu. Sistem ini memungkinkan satu komputer bertindak sebagai server atau host, yang dapat diakses dengan menggunaakn terminal atau workstation, atau client – client yang tersedia dalam waktu bersamaan.

Setelah proses TSS mulai berkembang,Kemudian beban pekerjaan bertambah banyak dan harga perangkat komputer besar mulai mahal,  maka kira – kira tahun 1970-an mulailah berkembang suatu sistem jaringan komputer yang baru. Sistem jaringan ini disebut dengan nama proses distribusi atau dalam bahasa Inggris memiliki nama asli Distribution Processing.

forandaa

Penggunaan sistem ini memungkinkan lebih dari 2 host dalam mengerjakan tugasnya, dimana masing – masing host atau server mampu melayani banyak terminal atau client. Dengan adanya proses ini, maka sudah pasti kemampuan dari sebuah host ataupun server dalam mengolah data dan melayani station atau terminal menjadi lebih optimal, karena dapat menangani banyak sekali terminal.

Selanjutnya pada tahun 1972, seseorang bernama Roy Tomlison berhasil mengembangkan suatu sistem surat elektronik (email). Yang kita kenal hingga hari ini sebagai pembawa pesan dengan waktu yang sangat cepat. Setelah email berkembang pesat dan banyak diminati, Roy membangun suatu jaringan yang diberi nama ARPANET. Program tersebut begitu mudah untuk digunakan, sehingga langsung menjadi populer.

Kemudian pada tahun 1973, ada dua orang ahli komputer yang mulai mengembangkan dan  mengusulkan sebuah jaringan komputer yang sangat luas. jaringan komputer tersebut dapat digunakan oleh seluruh dunia. Vinton Cerf dan juga Bob Kahn adalah kedua orang tersebut, yang membuat sebuah gagaasan besar, yang sebenarnya menjadi sebuah cikal bakal dari terciptanya internet atau international network. Saat ini, internet pun sudah menjelma menjadi jaringan terbesar yang ada di dunia, dan dapat menghubungkan setiap orang di berbagai belahan dunia.

Dengan berkembangnya teknologi komputer, dan juga maraknya penciptaan komputer baru hingga era 80-an. Maka saat itu, kebutuhan akan jaringan antar komputer menjadi semakin banyak dan diminati. Karena itu, dibuatlah suatu protokol resmi mengeai jaringan internet. Pada tahun 1982, sebuah protokol dibuat, yang diperi nama TCP (transmission Control Protocol) atau yang saat ini sering kali kita kenal dengan istilah IP alias Internet Protocol. Protokol ini memungkinkan banyak komputer dapat saling terhubung ke dalam sebuah jaringan international yang dapat menghubungkan banyak user di seluruh dunia.
Dengan adanya TCP/IP ini, maka setiap komputer dapat terhubung melalui jaringan internet secara luas dan mendunia. Pada tahun 1984 diperkenalkan sistem domain. Sistem domain ini kemudian dapat menyeragamkan alamat – alamat yang berada pada jaringan yang sama. Domain ini kemudian kit akenal dengan istilah domain name system atau DNS, dimana dalam satu DNS terdapat beberapa alamt yang berbeda, dan dapat dikunjungi oleh banyak orang, siapapun itu yang sudah terhubung ke dalam jaringan internet.

Jaringan komputer terus berkembang pada tahun 1988, Jarkko Oikarinen seorang berkebangsaan Finlandia menemukan sekaligus memperkenalkan Internet Relay Chat atau lebih dikenal dengan IRC yang memungkinkan dua orang atau lebih pengguna komputer dapat berinteraksi secara langsung dengan pengiriman pesan (Chatting). Akibatnya, setahun kemudian jumlah komputer yang saling berhubungan melonjak 10 kali lipat. tak kurang dari 100000 komputer membentuk sebuah jaringan.

Pertengahan tahun 1990 merupakan tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee merancang sebuah programe penyunting dan penjelajah yang dapat menjelajai komputer yang satu dengan yang lainnya dengan membentuk jaringan yang kita kenal hingga saat ini dengan nama www atau world wide web.

Tidak berhenti sampai saat itu saja, namun perkembangan sejarah dari sebuah jaringan komputer sudah menjadi lebih pesat lagi. Penggunaan www dalam jaringan internet, membuat penggunaan komputer yang saling terhubung antar jaringan menjadi lebih dari 1 juta komputer pada tahun 1992.

Dua tahun kemudian, alamat website yang terdaftar di dalam berbagai domain yang tersedia di dalam jaringan internet, sudah berada pada angka lebih dari 3000 situs. Pada tahun ini pula, anda sudah mulai bisa berbelanja dengan menggunakan alamat website, yang dikenal dengan istilah e-retail, yang saat ini berkembang menjadi e-commerce. Tahun ini pula, Yahoo mulai berdiri, dan muncullah penggunaan netscape navigator sebagai alat ataupun browser yang dapat digunakan untuk melakukan browsing beberapa situs dan juga alamat yang terdaftar di dalam jaringan internet. (Sumber : pintarkomputer.com)

Terima Kasih telah membaca. Semoga bermanfaat 🙂

 

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here