Pengertian Unity 3D, Sejarah & Fitur yang Ada Didalamnya

0
107

Apa Itu Unity 3D ?

Unity merupakan suatu aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan game multi platform yang didesain untuk mudah digunakan. Unity itu bagus dan penuh perpaduan dengan aplikasi yang profesional. Editor pada Unity dibuat degan user interface yang sederhana. Editor ini dibuat setelah ribuan jam yang mana telah dihabiskan untuk membuatnya menjadi nomor satu dalam urutan rankking teratas untuk editor game. Grafis pada unity dibuat dengan grafis tingkat tinggi untuk OpenGL dan directX. Unity mendukung semua format file, terutamanya format umum seperti semua format dari art applications. Unity cocok dengan versi 64-bit dan dapat beroperasi pada Mac OS x dan windows dan dapat menghasilkan game untuk Mac, Windows, Wii, iPhone, iPad dan Android.

Unity secara rinci dapat digunakan untuk membuat video game 3D, real time animasi 3D dan visualisasi arsitektur dan isi serupa yang interaktif lainnya. Editor Unity dapat menggunakan plugin untuk web player dan menghasilkan game browser yang didukung oleh Windows dan Mac. Plugin web player dapat juga dipakai untuk widgets Mac. Unity juga akan mendukung  console terbaru seperti PlayStation 3 dan Xbox 360. Pada tahun 2010, telah memperoleh Technology Innovation Award yang diberikan oleh Wall Street Journal dan tahun 2009, Unity Technology menjadi 5 perusahaan game terbesar. Tahun 2006, menjadi juara dua pada Apple Design Awards.

Unity ini adalah sebuah aplikasi berbasis MultiPlatform, Apa itu MultiPlatform? MultiPlatform merupakan aplikasi yang dapat beroperasi di banyak sistem operasi dan sanggup Mempublish ke banyak format tipe file, misalnya : exe, apk,dan lain-lain.

Unity perlu lisensi untuk sanggup dipublish ke platform tertentu, menyerupai format pada tipe format “.apk” Tetapi Unity menyediakan untuk free user dan bisa di publish dalam bentuk Standalone (.exe) dan web.Unity tidak hanya dapat dipakai untuk menciptakan game 3D saja, namun bisa juga untuk 2D. Game sekelas Pokemon GO saja membuat game dengan Aplikasi Unity Loooh!!!

Unity adalah tool pengembang video game yang membantu orang menyebarkan game enviroiment 3D. Lingkungan pengembang unity berjalan di Microsoft Windows dan Mac OS, game yang dihasilkan sanggup dijalankan di Windows, Mac, Xbox 360, PlayStation 3, Wii, iPad, Iphone, dan Android. Unity juga bisa menghasilkan permainan di browser dengan memakai pluign Unity Web Player, Bisa dipakai untuk Windows dan Mac tetapi belum kompatibel untuk Linux.

Sejarah Unity :

Unity Technologies dibangun pada tahun 2004 oleh David Helgason (CEO), Nicholas Francis (CCO), dan Joachim Ante (CTO) di Copenhagen, Denmark sesudah game pertama mereka GooBall, gagal lagi dalam meraih sukses. Ketiganya menyadari nilai sebuah engine dan tool dalam sebuah pengembangan game dan berencana untuk menciptakan sebuah engine yang sanggup dipakai oleh semua dengan harga terjangkau. Unity Technologies menerima proteksi dana dari Sequoia Capital, WestSummit Capital, and iGlobe Partners.

Kesuksesan Unity terletak pada fokus mereka untuk memenuhi kebutuhan indie developer yang tidak sanggup membangun game engine mereka sendiri atau membeli lisensi game engine yang terlalu mahal. Fokus perusahaan ini ialah “Democratize game development” atau diterjemahkan sebagai “Demokrasi Pembangunan Game” dan menciptakan sebuah pembangunan game baik 2D maupun 3D bisa dicapai oleh banyak orang. Oleh siapa pun.

Pada tahun 2008, Unity melihat kebangkitan iPhone dan menjadi game engine pertama yang melaksanakan dukungan penuh pada platform tersebut. Unity kini di gunakan oleh 53.1% developers (termasuk mobile game developer) dengan ratusan game yang dirilis baik untuk iOS maupun Android. Pada tahun 2009, Unity mulai meluncurkan produk mereka secara gratis. Jumlah developer yang mendaftar melonjak drastis semenjak pengumuman tersebut. Pada April 2012, Unity mencapai popularitas yang sangat tinggi dengan lebih dari 1 juta developer.

Unity sangat bisa melihat aneka macam peluang dan perubahan. Hal inilah yang menjadikannya sebagai game engine “termurah” yang paling banyak dipakai oleh seluruh orang di dunia. Ingat, Unity bisa dipakai untuk perorangan dan tidak selalu harus dipakai oleh sebuah studio game yang berjumlah ratusan orang. Tampaknya, demokrasi yang diusung sebagai slogan Unity memang benar adanya. Apalagi semenjak dirilisnya Unity dengan lisensi free.

Kamu bisa mengunjungi WEB resminya Unity3D dan downloadlah yang versi terbaru sampai juni 2015 ini ialah versi 5.0.2f1
pada versi ini sudah di fix bug-bug dan kesalahan pada versi sebelumnya, yang pernal aku alami yaitu tidak bisanya menulis Script “JavaScript” di MonoDevelop-Unity.

Fitur-Fitur dalam Unity :

Rendering
Graphic Engine yang dipakai ialah Direct 3D “Windows, Xbox 360”, OpenGL (Mac, Windows, Linux, PS3), OpenGL ES (Android, iOS), dan Proprietary APIs (Wii). Unity juga mendukung kemampuan untuk bump mapping, Reflection Mapping, Parallax Mapping, Screen Space Ambient Occlusion (SSAO)
Unity sanggup mengnggunakan format desain dari 3ds Max, Maya, Blender, dll. model 3D tersebut sanggup ditambahkan ke game project dan diatur oleh GUI.

Scripting
Script game engine pada versi 5.0.2f1 memggunakan MonoDevelop 4.0.1, sebuah implementasi Open Source dari .NET Framework. kau bisa memakai Script dalam bentuk (JavaScript, C#, dan Boo).

Asset Tracking
Unity juga menyertakan Server Unity Asset, sebuah solusi terkontrol untuk developer game Assets dan Script.

Platform
Sudah aku jelaskan tadi bahwa Unity ini berbasis MultiPlatform yang bisa dipakai oleh oleh banyak Sistem Operasi. Unity juga mengijinkan spesifikasi rendah untuk memakai software ini, alasannya ialah Unity menyediakan Kompresi Texture dan pengaturan resolusi di setiap platform yang di dukung.

Assets Store
Assets Store ialah sebuah resource yang hadir di WEB resmi Unity3D, terdiri dari lebih dari 4,400 koleksi assets packages, 3D model, material, Audio, Scripting, dll.  Assets Store diluncurkan pada November 2010, kau bisa mengaksesnya di www.assetstore.unity3d.com

Physic
Unity juga mempunyai support build-in untuk PhysX physics engine (sejak Unity 3.0) dengan penambahan kemampuan untuk simulasi real-time cloth pada arbitrary dan skynned meshes, thrick ray cets, dll.

Terima Kasih Sudah Membaca 🙂
Facebook Comments