Web of Things: Upaya Menyempurnakan Internet of Things (IoT)

0
100

Internet of Thing atau sering kita sebut IoT merupakan suatu konsep dimana benda-benda yang ada disekeliling kita dapat berinteraksi melalui konektifitas internet. Banyak yang memprediksi bahwa Internet of Things (IoT) merupakan “the next big thing” di dunia teknologi informasi. Hal ini dikarenakan banyak sekali potensi yang bisa dikembangkan dengan teknologi Internet of Things (IoT) tersebut

Namun Seiring berjalannya waktu, tren penggunaan IoT semakin meningkat di seluruh dunia dan semakin terlihat ada kekurangan yang dimiliki oleh IoT, yaitu protokol komunikasi yang digunakan untuk menghubungkan benda-benda fisik ke jaringan Internet tidak seragam. hal ini cukup menyulitkan bagi pengembang aplikasi.

Anda bisa bayangkan kasus berikut. Di sebuah pabrik ada beberapa sensor dan aktuator, misalnya:

  • Sensor suhu dari pabrikan A yang mengirimkan data melewati protokol MQTT.
  • Sensor getaran dari pabrikan B yang mengirimkan data melewati protokol Zigbee.
  • Lampu otomatis dari pabrikan C yang mengirimkan data melewati protokol Bluetooth.
  • Dan lain sebagainya.

Kemudian pengembang aplikasi di pabrik tersebut ditugaskan membuat dashboard untuk semua sensor dan aktuator tersebut dalam versi Web dan mobile application. Maka hal tersebut akan cukup merepotkan di sisi aplikasi, karena ada beberapa protokol yang berbeda.

Web of Things

Oleh karena hal tersebut saat ini ada upaya baru untuk menyiasati hal tersebut di sisi application layer. Idenya sederhana, bagaimana menghubungkan benda-benda fisik tersebut menggunakan satu protokol yang sudah umum digunakan di Web seperti HTTP. Jadi Anda bisa bayangkan setiap benda tersebut memiliki alamat (url) seperti situs-situs di Internet. Berikut adalah gambarannya.

Sehingga pada akhirnya, nanti setiap developer bisa dengan mudah melakukan mashup aneka macam data ke dalam sebuah aplikasi. Mirip seperti Internet saat ini. Anda dapat mengambil data dari Twitter, digabungkan dengan data dari Facebook, lalu kemudian Anda bisa mengambil data cuaca dari Web penyedia data cuaca, kemudian digabungkan dalam satu aplikasi dengan protokol yang seragam.

Web of Things sendiri masih dalam taraf pengembangan oleh beberapa komunitas dan institusi. Jika Anda tertarik untuk ikut mengembangkan, Anda dapat melihat-lihat usaha pengembangannya di http://webofthings.org/ dan https://wiki.mozilla.org/WebOfThings.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga Bermanfaat. (Sumber : https://blog.framework.id ) 

 

 

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here